Wisata

Mengenal Sejarah Kerajaan Galuh di Wisata Situ Lengkong Ciamis

Sabtu, 13 Februari 2021 - 06:29
Mengenal Sejarah Kerajaan Galuh di Wisata Situ Lengkong Ciamis Lereng pegunungan yang mengelilingi situ lengkong Panjalu. (foto: instagram/abdurrohman_photography)

TIMES HALMAHERA, CIAMIS – Barangkali belum banyak yang mengetahui mengenai sejarah Kerajaan Galuh di Ciamis. Konon, berbagai tokoh kerajaan Galuh meninggalkan jejaknya dalam area perbukitan bahkan situ (danau) di Ciamis. Salah satunya di Wisata Situ Lengkong Panjalu yang menjadi ibukota Kerajaan Soko Galuh Panjalu pada zaman dahulu.

"Sanghyang Borosngora adalah nama dari pendiri ibu kota kerajaan tersebut sekaligus raja Panjalu Islam pertama. Dalam situ ini terdapat tiga pulau kecil (nusa). Ada salah satu tokoh Raja Panjalu juga di dalam Nusa Gede Situ Lengkong ini bernama Prabu Hariang Kancana," papar Haris R Cakradinata,.S.E., keturunan Raja Panjalu ke 18, Jumat (12/2/2021).

Wisata Situ Lengkong 2Suasana Situ Lengkong Panjalu Saat Pagi Hari (foto: instagram/abdurrohman_photography)

Banyak peziarah yang datang baik dari dalam atau luar kota untuk berziarah ke tempat bersemayam para tokoh kerajaan Galuh di Situ Lengkong Panjalu. Ada pula wisatawan yang berkunjung menikmati indahnya situ dan lereng gunung yang mengelilingi situ.

"Situ Lengkong ini dikelilingi oleh lereng Gunung Sawal, Gunung Bitung, Gunung Cendana dan Gunung Cakra Buana. Wisatawan seringkali menjadikan pemandangan ini sebagai spot fotografi," jelasnya.

Banyak temuan barang purbakala atau bersejarah di situ ini. Temuan tersebut menjadi bukti adanya kerajaan Galuh. Lalu temuan tersebut disimpan di Museum Bumi Alit yang juga ada di situ ini.

"Temuan tersebut seperti beberapa naskah, batu menhir, batu pangsucian, batu panobatan. Adapun perkakas peninggalan raja-raja galuh dan Bupati Panjalu dulu," tuturnya.

Wisata Situ Lengkong 3Pemandangan Nusa (Pulau Kecil) Di Situ Lengkong Panjalu Ciamis (foto: instagram/hellojabar)

Perkakas tersebut merupakan benda pusaka yang selalu dibersihkan saat bulan Maulid, pada hari Senin atau Kamis. Perkakas tersebut salah satunya adalah peninggalan Prabu Sanghyang Borosngora yaitu berupa pedang dan lonceng kecil (genta).

Wisata Situ Lengkong Panjalu yang memiliki luas 70 hektar ini berada di Kecamatan Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. (*)

Pewarta : Rachmawati Putri Utami (CR-132)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Halmahera just now

Welcome to TIMES Halmahera

TIMES Halmahera is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.