Pendidikan

Peringati Dua Dekade Fakultas Kelautan dan Perikanan Unkhair Ternate

Sabtu, 20 Februari 2021 - 23:44
Peringati Dua Dekade Fakultas Kelautan dan Perikanan Unkhair Ternate Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir saat memberikan sambutan di acara Temu Wicara Perikanan dan Kelautan Maluku Utara. (FOTO: Wahyudi Yahya/ TIMES Indonesia)

TIMES HALMAHERA, TERNATE – Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, menggelar Temu Wicara Perikanan dan Kelautan Maluku Utara, Sabtu (20/2/2021), di VIP Room, Royal Resto, Ternate.

Acara yang dikemas dalam bentuk diskusi ini dalam rangka memperingati 20 tahun atau dua dekade Fakultas Kelautan dan Perikanan, Unkhair Ternate, sejak 2001-2021.

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A Kadir menyampaikan peringatan ini merupakan penghargaan dan apresiasi atas segala perjuangan dan sumbangsih yang telah dilakukan selama dua dekade ini. Sekaligus juga, merupakan momen untuk mengevaluasi dan berbenah guna lebih meningkatkan kualitas dalam memberikan kontribusi yang lebih optimal bagi kemajuan bangsa dan daerah di bidang perikanan dan kelautan.

"Saya bangga berada di tengah-tengah keluarga besar Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan Universitas Khairun yang kita banggakan, yang selama dua dekade ini telah berkiprah turut memajukan bangsa dan daerah ini," ucap Samsuddin dalam sambutannya.

Ia memaparkan, ada beberapa permasalahan dan tantangan dalam bidang kelautan di Maluku Utara. Diantaranya kontribusi sektor perikanan terhadap perekonomian daerah relatif masih kecil, produksi perikanan tangkap dan budidaya masih belum mencapai titik optimal.

Tak hanya itu, nilai tukar nelayan yang mempresentasikan kesejahteraan nelayan masih flukluatif, akses pemodalan pada usaha ini masih terbatas, penyerapan tenaga kerja masih terbatas, sarana-prasarana perikanan dan kelautan masih terbatas serta berbagai tantangan lainnya, termasuk belum optimalnya pengelolaan ekosistem laut dan pesisir.

Oleh karena itu, pemerintah, kata Samsuddin tengah berupaya untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatkan sumber daya yang ada, meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk, serta memelihara daya dukung dan kualitas lingkungan sumber daya kelautan dan perikanan.

"Tentu saja tugas besar tersebut memerlukan dukungan dari berbagai komponen, termasuk dunia kampus dimana semangat tridarma berada. Aspek Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian dalam mengembangkan perikanan dan kelautan," ungkapnya

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh Ketua Senat Fakultas Kelautan dan Perikanan, Thamrin Ali Ibrahim. Para peserta diskusi saling memberikan ide dan gagasan, terutama menyambut program Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Lumbung Ikan Nasional atau LIN.

Turut hadir dalam acara ini, Dekan FPK Unkhair Ternate, M Janib Achmad, Danlanal Ternate, Letkol Laut Komaruddin, Kaban Balitbangda Malut Mulyadi Wowor, Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Malut, serta para Dosen dan Alumni FPK. (*) 

Pewarta : Wahyudi Yahya
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Halmahera just now

Welcome to TIMES Halmahera

TIMES Halmahera is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.