https://halmahera.times.co.id/
News Commerce

Tips Memilih Panci Berkualitas dan Aman untuk Kesehatan

Rabu, 19 Oktober 2022 - 19:25
Tips Memilih Panci Berkualitas dan Aman untuk Kesehatan Ilustrasi anci Berkualitas dan Aman untuk Kesehatan. (foto: Istimewa)

TIMES HALMAHERA, JAKARTA – Bagi Anda yang suka memasak, memilih alat masak yang berkualitas menjadi hal yang paling utama. Sebagai salah satu alat masak yang pasti ada di dapur, memilih panci tak bisa dilakukan asal-asalan. Salah memilih panci dapat membuat kegiatan memasak menjadi kurang nyaman. 

Apalagi, panci yang salah ternyata juga dapat memberikan efek yang berbahaya, terutama dapat menyebabkan makanan yang dimasak memiliki kualitas buruk.Selain itu, jenis alat masak yang kurang tepat juga dapat memicu risiko kesehatan. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih alat masak panci, mulai dari bentuk, jenis bahan, dan kualitasnya. Nah, biar tak salah pilih, simak penjelasannya tips memilih panci berikut ini!

1.    Bahan Anti Karat

Karat menjadi musuh utama saat Anda memilih alat masak yang tepat. Belum lagi, panci berkarat dapat menimbulkan berbagai efek yang berbahaya jika digunakan untuk memasak. Rasa masakan menjadi tidak enak, menimbulkan mual, muntah, demam, hingga diare. 

Nah, sebaiknya Anda memilih material dan bahan membuat panci yang anti karat. Panci dengan bahan stainless steel ataupun aluminium merupakan pilihan terbaik. Kedua bahan ini tepat dan aman untuk digunakan dalam memasak karena sifat anti karatnya. 

Tipsnya, pilihlah panci bahan stainless steel dan aluminium yang sudah terverifikasi food grade. Panci stainless steel dan aluminium juga sangat baik untuk dipakai saat memasak di segala jenis kompor, termasuk kompor listrik. 

2.    Perhatikan Ukuran

Saat memilih alat masak, pastikan Anda memilih berdasarkan ukuran yang dibutuhkan. Selain untuk memudahkan, hal ini penting untuk dilakukan agar tak berlebihan saat memasak. Untuk ukuran standarnya, panci memiliki ukuran 24 cm. 

Dengan ukuran yang pas, Anda dapat menyesuaikannya dengan  kemampuan memasak sesuai kebiasaan. Namun, jika Anda memasak untuk keluarga besar, sebaiknya Anda membeli panci dengan ukuran yang lebih besar.

3.    Terdapat Holder Tahan Panas

Untuk keamanan, ada alat masak yang dirancang dengan pegangan atau holder anti panas. Anda bisa membeli panci dengan holder tahan panas agar tak perlu khawatir mengalami luka bakar ketika menyentuh panci. 

Hindari memilih panci dengan pegangan dengan daya hantar panas yang tinggi. Pilihlah panci dengan pegangan anti panas yang lebih aman dan nyaman saat digunakan untuk memasak. 

4.    Pilih Panci yang Anti Bakteri

Makin baik kualitasnya, maka akan makin mahal harga alat masak tersebut. Namun, hal tersebut akan sebanding, apalagi jika Anda memang rutin untuk memasak. Salah satu panci berkualitas dapat dilihat dari ketahanannya terhadap bakteri atau bersifat anti mikroba. 

Anda bisa memilih panci yang menggunakan tembaga atau kaca sebagai material dasarnya karena kedua bahan ini minim pori dan pastinya membuat keberadaan mikroba juga jadi lebih sedikit. Tak hanya itu, Makanan yang Anda masak pun akan jadi lebih sehat mengingat panci dengan bahan tembaga atau kaca adalah konduktor panas yang paling sensitif. 

5.    Panci dengan Tirisan

Tips satu ini mungkin jarang Anda dengar, namun, panci dengan tirisan akan membuat masakan menjadi lebih sehat. Kenapa? Anda bisa menggunakan tirisan untuk meletakkan masakan yang digoreng. Alat tirisan akan membantu mengurangi minyak berlebih untuk tubuh. 

Perlu diketahui, minyak berlebih mengandung banyak lemak yang apabila terlalu banyak dikonsumsi ke dalam tubuh, bisa menimbulkan plak di pembuluh darah sehingga menyebabkan berbagai risiko penyakit serius, seperti penyakit jantung, hipertensi, ataupun stroke. Jadi memilih panci dengan tirisan akan membuat masakan menjadi lebih sehat.

6.    Mudah Dibersihkan

Salah satu indikator alat masak berkualitas baik adalah mudah dibersihkan. Panci yang mudah dibersihkan dapat membuat sisa-sisa hasil masakan tidak menempel, apalagi menumpuk lantaran digunakan berkali-kali. 

Maka dari itu, pilihlah panci yang mudah dibersihkan agar proses memasak dan masakan Anda memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih sehat. 

7.    Pilih Merek yang Terpercaya

Dari berbagai pertimbangan, memilih panci yang bermerek akan lebih aman secara kualitas dan ketahanannya. Biasanya, panci yang bermerek sudah bersertifikasi bebas BPA dan PFOA yang pastinya menjamin kesehatan Anda dan keluarga.

Beberapa merek terkenal yang bisa Anda beli adalah Weston, Oxone, Tefal, dan berbagai merek lainnya. Nama-nama tersebut sudah dikenal akan ketahanan dan kualitasnya yang mumpuni. 

Nah, untuk mendapatkan tips panci yang berkualitas dan pastinya aman untuk digunakan saat memasak, Anda dapat membelinya di Blibli. 

Blibli menyediakan berbagai merek pilihan panci, mulai dari Tefal, Masterpan, Debellin, can lainnya. Berbagai merek tersebut bisa Anda dapatkan di Blibli dengan harga dan promo yang menarik. Tak hanya panci, Blibli juga menyediakan berbagai pilihan premium cookware dan peralatan dapur, mulai dari spatula, pisau, wajan, dan lainnya. 

Segera beli semua kebutuhan alat masak yang Anda inginkan di Blibli melalui situs Blibli atau aplikasi yang sudah tersedia di Android maupun iOS. Anda juga dapat membeli kebutuhan lainnya, mulai dari gadget, pakaian, hingga barang-barang kebutuhan lainnya. 

Nah, biar makin nyaman dan aman berbelanja kebutuhan Anda, yuk, langsung saja cek selengkapnya di website dan aplikasi mobile Blibli!

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Halmahera just now

Welcome to TIMES Halmahera

TIMES Halmahera is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.