Ekonomi

Selain China, Tesla Siap Bangun Pabrik Mobil Listrik di India

Kamis, 18 Februari 2021 - 11:05
Selain China, Tesla Siap Bangun Pabrik Mobil Listrik di India Ilustrasi mobil Tesla. (Foto: John Thys/AFP)

TIMES HALMAHERA, JAKARTATesla Inc semakin dekat dengan kepastian untuk membangun pabrik mobil listrik di India. Negeri Bollywood itu menjadi negara kedua di Asia, di mana Tesla sudah menyiapkan basis produksi di China.

Tesla telah memilih Karnataka, negara bagian selatan yang beribukota Bangalore, untuk pabrik pertamanya, kata Menteri Utama Negara Bagian itu pada akhir pekan lalu. Demikian dikutip dari Bloomberg pada Kamis (18/2/2021), 

Tesla tengah melakukan uji tuntas untuk real estate perkantoran di wilayah tersebut dan berencana mendirikan fasilitas Research and Development (R&D), kata warga, meminta untuk tidak disebutkan namanya karena urusannya bersifat pribadi.

Mereka mengatakan, Tesla telah berfokus pada Bangalore karena akan menjadi pusat kendaraan listrik dan bakat manufaktur dirgantara. Tesla telah memasukkan unit India dan kantor terdaftar di pusat kota Bangalore.

CEO Elon Musk memastikan Tesla akan memasuki India pada Januari setelah berbulan-bulan spekulasi. Orang terkaya di dunia pada 13 Januari mentweet "seperti yang dijanjikan" sebagai tanggapan atas laporan di blog yang berfokus pada Tesla bahwa pembuat mobil itu sedang dalam pembicaraan dengan beberapa negara bagian India untuk membuka kantor, ruang pamer, pusat penelitian dan pengembangan dan mungkin Sebuah pabrik.

Pengungkapan itu memicu euforia dari penduduk setempat, seperti Nikhil Chaudhary, seorang mahasiswa berusia 20 tahun di Universitas Delhi yang membantu memulai klub penggemar Tesla India pada tahun 2019.

Terlepas dari hype, upaya Tesla ke India mungkin terbukti menantang. Negara ini belum meluncurkan acara sambutan untuk EV seperti tetangganya China, tempat Tesla mendirikan pabrik pertamanya di luar AS dan sekarang mendominasi penjualan EV premium.

Sebelumnya, Tesla Inc mempertimbangkan Indonesia sebagai tempat membangun pabrik mobil listrik-nya di luar Amerika Serikat. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Halmahera just now

Welcome to TIMES Halmahera

TIMES Halmahera is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.