https://halmahera.times.co.id/
Ekonomi

PT Harta Samudra Morotai Kembali Ekspor Tuna Loin Sebanyak 39 Ton ke Vietnam

Senin, 08 Maret 2021 - 16:57
PT Harta Samudra Morotai Kembali Ekspor Tuna Loin Sebanyak 39 Ton ke Vietnam Kepala Cabang PT Harta Samudra Morotai, I Made Malihartadana, S.E dan Kapal Tol Laut Nusantara 3. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia)

TIMES HALMAHERA, PULAU MOROTAI – PT Harta Samudra (PT HS) Cabang Pulau Morotai, Maluku Utara kembali ekspor ikan Tuna Loin ke Negara Vietnam melalui Surabaya menggunakan kapal Tol Laut Nusantara 3, pada Minggu 7 Maret 2021.

Ekspor dibulan Maret 2021 terjadi peningkatan alias lebih besar dari bulan sebelumnya. Ekspor Tuna Loin pada bulan Februari ke Vietnam hanya 1 kontainer. Hal tersebut disampaikan Kepala Cabang PT Harta Samudra Pulau Morotai, I Made Malihartadana, saat dikonfirmasi TIMES Indonesia, Senin (8/3/2021).

"Pada Maret ini PT Harta Samudra Morotai mengekspor Tuna Loin ke Vietnam melalui Surabaya sebanyak 3 kontainer, terjadi peningkatan dua kali lipat dari bulan lalu, karena hasil tangkapan cukub bagus di awal Februari," ungkapnya.

Lelaki asal Tabanan Bali ini menyebutkan, untuk Tuna Loin dalam satu kontainer beratnya terdapat 13 ton, bila dikalikan tiga kontainer maka total yang diekspor ke Vietnam sebanyak 39 ton.

PT Harta Samudra Morotai

Menurut Mali, sapaan Kepala Cabang PT Harta Samudra, bahwa terjadi peningkatan ekspor Tuna Loin di bulan Maret ini tidak terlepas dari hasil tangkapan nelayan meningkat pada awal hingga pertengahan Februari karena cuacanya bagus.

Namun setelahnya, lontar lelaki orang kepercayaan PT Harta Samudra, cuaca kembali buruk hingga saat ini, sehingga mempengaruhi hasil tangkapan nelayan. Bahkan menurun drastis karena cuaca ekstrem.

"Semoga cuaca ini cepat membaik agar nelayan dapat leluasa menangkap ikan. Bila cuacanya bagus maka, hasil tangkapan akan lebih memuaskan dan pendapatan nelayan pun dapat menjamin keberlangsungan hidup keluarga mereka. Selain itu, produksi Tuna Loin pun bisa meningkat," harapnya.

PT Harta Samudra Morotai a

Selain ekspor Tuna Loin sebanyak 3 kontainer ke Vietnam ternyata PT Harta Samudra juga membeli ikan tetelan untuk tuna dan cakalang diperuntukkan pasar lokal. "PT Harta Samudra juga membeli ikan tetelan tuk tuna dan cakalang. Melalui kapal Tol Laut Nusantara 3 kami kirim ke Surabaya sebanyak 2 kontainer, bobot totalnya 30 ton," terang Kepala Cabang PT Harta Samudra Morotai, I Made Malihartadana.(*)

Pewarta : Abdul Halil Husain
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Halmahera just now

Welcome to TIMES Halmahera

TIMES Halmahera is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.